Jumat, 21 September 2018

Tentang Mubadalah.Com

Bismillahirrohmanirrohim.

Mubaadalah.com adalah media Islam dan relasi kesalingan antar individu maupun kelompok, terutama antara laki-laki dan perempuan. Terinspirasi dari prinsip Islam yang rahmatan lil ‘alamin, Mubaadalah.com hadir untuk untuk meneguhkan dan mempopulerkan nilai-nilai keadilan dan kesalingan dalam relasi laki-laki dan prempuan, pada tataran praktek kehidupan sehari-hari, dalam keluarga maupuan bermasyarakat.

Media ini diinisiasi oleh Faqihuddin Abdul Kodir sebagai ensiklopedia tematik yang berjalan tentang isu-isu kesalingan ini. Berjalan artinya ia bisa dibaca secara online, diproses mulai dari yang kecil sesuai kemampuan, untuk dikembangkan lebih lanjtu, bisa ditambah dan diperbaharui sesuai kebutuhan dan data aktual, serta menerima tulisan dari kolega dan para pembaca sesuai dengan persipektif dan nilai yang diusung.

Tema-tema kesalingan antara laki-laki dan perempuan, ke depan, diharapkan bisa mengcover seluruh isu-isu seputar eksistensi kemanusiaan dalam ranah personal, isu relasi dalam domain keluarga dan arena sosial kemasyarakatan, isu peran negara dalam memajukan akses keadilan pembangunan dan hukum untuk laki-laki dan perempuan, serta instrumen-instrumen global sejauhmana berkontribusi terhadap keberlanjutan hidup yang berkeadilan dan berkesalingan antara laki-laki dan perempuan.

Karena menggunakan perspektif Islam, maka tema-tema yang dihadirkan dalam media ini lebih banyak mengaplikasikan metodologi keislaman. Yaitu bagaimana interaksi dengan sumber-sumber otoritatif dalam mewujudkan prinsip dan nilai kesalingan, terutama dengan Qur’an dan Hadits. Di samping dengan sumber-sumber pengetahuan yang lain yang sudah mengakar dalam tradisi Islam; tafsir, fiqh, tasawuf, dan yang lain.

Demikian, semoga media ini bisa memberikan yang terbaik dan manfaat terbesar bagi segenap masyarakat Indonesia dan dunia, untuk membangun kehidupan yang lebih adil, damai, sejahtera, dan membahagiakan.

Wallaahu al-Musta’an
Wassalam.

Faqihuddin Abdul Kodir