Tradisi Shalawatan sudah mengakar dalam budaya umat Islam Indonesia. Isi utama Shalawat adalah doa-doa untuk Nabi Muhammad Saw, yang biasanya dibarengi dengan puja-puji kepribadian beliau, sekaligus mensyi’arkan ajaran-ajaran dasar beliau.

Doa-doa, puja-puji, dan syi’ar ini biasanya digubah dalam kalimat-kalimat yang puitis, yang kemudian dinyanyikan dalam berbagai momentum; seperti menunggu shalat berjama’ah, mengawali sebuah pengajian rutin, mengawali ceramah, do’a keselamatan, penayambutan anak, acara pernikahan, dan yang lain.

Saat ini telah banyak doa, syair, puisi dan nyanyian shalawat dalam berbagai bahasa, yang diselipi dengan ajakan pada misi dasar dan ajaran kenabian. Untuk mengiringi pengajian dan pelatihan hak-hak perempuan dalam Islam, aku menulis “shalawat keadilan” pertama kali di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember, asuhan KH Muhyiddin Abdussamad.

Pada tahun 2003, aku lengkapi dengan beberapa lagu shalawat lain, yaitu “Shawalat Kemitraan”, “Setara di hadapan Allah”, dan ditambah lagu “Ibnatul Islam” karya pujangga Arab Alia Ja’far. Lagu-lagu ini diterbitkan dalam bentuk kaset oleh Fahmina Institute.

Pada tahun 2015, dalam sebuah pengajian muballigh dan muballighah mengenai keluarga samarra (sakinah, mawadah, wa rahma), aku tulis lagi sebuah shalawat yang berisi prinsip-prinsip kesalingan (mubadalah) dalam keluarga samarra. Aku beri nama “Shalawat Samarra”.

Semoga lagu-lagu shalawat ini dapat mengiringi perjuangan keadilan Islam dalam relasi laki-laki dan perempuan. Adapun teks-teks shalawat tersebut adalah sebagai berikut (silahkan klik):

  1. Shalawat Keadilan dan Kemitraan (teks, transliterasi, terjemah, video)
  2. Setara di Hadapan Allah Swt (teks, transliterasi, terjemah) – Putar | Lihat Video
  3. Ibnatul Islam (teks, transliterasi, terjemah) – Putar | Lihat Video
  4. Shalawat Samarra (teks, transliterasi, terjemah) – Putar | Lihat Video

 

BAGIKAN
Faqih Abdul Kodir
Faqih Abdul Kodir, biasa disapa Kang Faqih adalah alumni PP Dar al-Tauhid Arjawinangun, salah satu wakil ketua Yayasan Fahmina, dosen di IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan ISIF Cirebon. Saat ini dipercaya menjadi Sekretaris ALIMAT, Gerakan keadilan keluarga Indonesia perspektif Islam.